Selasa, 02 Juni 2015

NAMA  :  Kurniady Yusuf
NIM      :  1402055157





“Analisis Berita Dengan Metode 5w+1h”

CONTOH BERITA :

NGAMUK, NYARIS BUNUH ORANG TUA GARA-GARA TAK DIBERI UANG UNTUK BELI GEAR MOTOR!

Samarinda, seorang anak tertua mestinya bisa membantu meringankan beban orang tua bukannya malah menambah kesusahan bagi keluarga bahkan sampai mengamuk dan mengancam orang tua dengan pisau.
   Perilaku tak layak ditiru itu dilakukan seorang remaja berinisial Er (15) warga jalan RE. Martadinata, Samarinda Ulu. Siang kemarin ditengah cuaca panas terik, Er berbuat onar di kampungnya sendiri.
Remaja putus sekolah itu membuat tetangganya meradang lantaran coba melukai Ibu dan Ayahnya dengan pisau dapur, dengan penuh emosi Er mengacung-acungkan pisau ke arah kedua orang tuanya. Kelakuan Er itu tentu membuat kedua orang tuanya ketakutan, beruntung kehebohan itu cepat diketahui para tetangganya. Warga yang tak ingin kampungnya terkena bala karena ulah anak durhaka segera melaporkan Polisi.
Tak berselang lama beberapa Polisi berpakaian seragam dengan mengendarai mobil Patroli, sehingga membuat Er anak pertama dari 3 bersaudara itu ciut dan menyerahkan diri. Belakangan di ketahui Er mengamuk lantaran kedua orang tuanya tak mau memberikan uang, “katanya mau beli gear motor, kata Ayah Er yang enggan dikorankan” Ayah Er mengetahui anaknya jarang sekali pulang, namun begitu pulang selalu mencari masalah orang tuanya maupun tetangga sendiri. Seperti tadi, karena tidak dikasih uang ia (Er),”mengamuk dan mengambil pisau lalu diancarkan ke saya dan Ibunya,” beber Ayah Er meskipun sempat ditahan, Er akhirnya dipulangkan setelah Ayah dan Ibunya yang ikut ke Polres enggan menjebloskannya ke Penjara “sebagai peringatan untuk dia” ungkap Ayah Er.


ANALISA :
·         WHERE : Jalan RE. Martadinata, Samarinda Ulu dan Polres Samarinda.
·         WHEN    : Siang kemarin.
·         WHO       : Er, Ayah dan Ibu Er, Polisi.
·         WHY       : Gara-gara tidak diberi uang Er nyaris membunuh orang tuanya.
·         WHAT    : Seorang pemuda yang mengamuk dan meresahkan para tetangga
·         HOW       : Er yang mengacungkan pisau ke kedua orang tuanya di amankan oleh polisi setempat

PERBAIKAN BERITA :

“SEORANG REMAJA NYARIS MEMBUNUH ORANG TUANYA”

Samarinda, seorang pemuda yang mestinya bisa meringankan beban orang tuanya malah menambah kesusahan orang tuanya sendiri, bahkan hingga mengamuk dan mengancam orang tuanya dengan pisau.
   Perilaku yang tidak terpuji ini dilakukan oleh seorang remaja berinisial Er(15), Warga Jalan RE. Martadinata, Samarinda Ulu. Yang kejadiannya siang hari kemarin ditengah cuaca panas terik, Er berbuat onar di kampungnya. Er yang sudah tidak bersekolah ini membuat warga setempat meradang, lantaran ingin melukai kedua orang tuanya dengan pisau dapur, kelakuan Er ini tentu membuat orang tuanya ketakutan.
Warga dengan segera melaporkan kejadian ini ke Polisi, tak berselang lama beberapa Polisi pun datang dengan mobil Patroli, sehingga membuat Er ketakutan dan menyerahkan diri.
Belakangan diketahui Er mengamuk lantaran kedua orang tuanya tak mau memberikan uang.”katanya mau beli gear motor, kata Ayah Er yang enggan disebutkan namanya”.
    Meskipun sempat ditahan, Er akhirnya di pulangkan karen Ayah dan Ibunya yang ikut ke Polres enggan menjebloskan anaknya ke Penjara.