Kamis, 04 Juni 2015

Nama   : WahyuWira Pradana
NIM     : 1402055091

Sutradara Film            : J. Pakula
Produser                     : Walter Coblenz
Pemeran  utama         : Dustin Hoffman & Robert Redford
Rilis                            : 1976
Durasi                          : 138 Menit
Genre                          : Drama & Mystery
ALL  THE PRESIDENT’S MEN


Film ini bermula dari kasus spionase, pencurian, dan penyadapan di salah satu markas milik Partai Nasional Demokrat, Watergate. Kemudian dua orang jurnalis The Washington Post mencoba untuk menguak kasus yang mereka anggap penuh konspirasi. Dua jurnalis tersebut yakni Bob Woodwart dan Carl Bernstein. Kasus itu disebut “Skandal Watergate”, yaitu skandal yang melibatkan banyak institusi negara, seperti Kepresidenan,Komisi Pemilihan Umum,dan institusi lainnya.
Bob Woodward (Robert Redford) adalah seorang wartawan Washington post yang ditugaskan oleh atasanya,Ben Bradlee untuk menyelidiki kasus penyusupan 5 orang pencuri di Watergate. Kasus yang tampaknya hanya merupakan kasus pencurian biasa tersebut ternyata memiliki rahasia besar yang melibatkan konspirasi di bidang pemerintahan seperti yang diinformasikan oleh Deep Throat, deep thoart ialah  seorang sumber anonim yang dikenal sebagai whistleblower dalam memecahkan skandal tersebut. Bersama dengan rekannya Carl Bernstein (Dustin Hoffman).
Bob kemudian mencari data dengan metode jurnalistik untuk mencari tahu fakta yang sebenarnya. meski dalam proses peliputan usaha dua wartawan ini menghadapi kesulitan. Banyak orang yang enggan mengungkap kebenaran saat diwawancarai. Agen khusus negara mencoba menekankan kepada beberapa orang yang terlibat supaya mengunci rapat mulutnya.
Woodwart dan Berstein merasa kesulitan dan frustasi mencari narasumber yang sukarela menjadi kunci terkuaknya kasus Watergate. Belum lagi, akibat pemberitaan tersebut, pemerintahan Richard nixon mengecam praktek jurnalisme yang dilakukan Washington Post merupakan pemberitaan yang keji terkait kasusWatergate. Woodwart dan Berstein tetap melanjutkan kasus yang mereka telusuri, mereka masih yakin dan terus berjuang meski tekanan politik menghujam Washington Post.


Berita demi berita makin menyulitkan beberapa pejabat Gedung Putih untuk menutupi skandal Watergate. Nama-nama yang Woodwart dan Berstein ungkap dalam tulisan mereka perlahan mulai terseret ke pengadilan akibat kasus Watergate. Akhirnya, dalam gelar perkara pengadilan, nama-nama yang diungkap Woodwart dan Bernstein dalam skandal kasus Watergate dinyatakan bersalah dan di hukum oleh pihak pengadilan. salah satu buktinya bahwa presiden amerika pada saat itu Richard Nixon terlibat dalam kasus Watergate. Ia menyatakan menyetujui kegiatan pencurian dan pengelapan dana dalam kasus Watergate.
Pemerintahan Richard Nixon pun ambruk,dan pemerintahanya melemah.Pada 9 Agustus 1974,Richard Nixon menyatakan mengundurkan diri sebagai presiden Negara dan di gantikan oleh Gerald Fox yang di nobatkan menjadi presiden amerika yang ke 38.