Kamis, 28 Mei 2015



Nama   : Ibnu Mubarak
NIM     : 1402055086


All The president’s Man

Sutradara                   : Alan J. Pakula
Pemeran Utama          : Dustin Hoffman dan Robert Redford 
Rilis                             :9 April 1976

Berawal dari pencurian di gedung komite partai Demokrasi, dimana lima orang tertangkap basah ketika mencoba membolak-balim arsip milik Partai oposis Nixon pada 17 juni 1972. Deep Throat inilah yang membeberkan skandal pencurian informasi peta kekuatan Partai Republik dan kemudian dilanjutkan dengan berita-berita menggegerkan yang terus terang dan tajam dihalaman muka koran Amerika Serikat. The washington post, penyelidikan dua wartawan muda. Carl Berndtein dan Bob Wordward, berhasil menyingkap skandalwatergate yang mengemparkan. Terungkanya kisah persekongkolan gelap dan jejak-jejak permainan kotor yang memalukan itu mengakibatkan kejatuhan Presiden Richard Nixon dari puncak kekuasaan.

Kini, kisah penyelidikan cemerlang dua wartawan The Washington Post ini menjadi acuan  reportase investigatif para wartawan dari berbagai belahan dunia. Film ini adalah film yang palig mencekam yang pernah ada. Sebuah film legendaris yang mengubah Amerika dan megguncang dunia.

Orang-orang diwawanacara, data tertulispun kian dihimpun, saatnya woodwart dan Berstein menunjukkan hasil liputanny, juga menduga berita ini akan sangat eksklusif. Pimpinan washington post mengira tak ada yang istimewa dalam hasil peliputan. Data-data yang dihimpun rupanya masih dangkal, isinya kering dan hanya menyangkut kulit luar dari kasus itu. Berita tentang watergate belum juga dierbitkan. Woodwart kecewa, maupun dengan Bernstein. Walhasil, mereka mesti putar otak lebih keras.

Tidak jadi terbit, woodwart dan bernstein tak hentikan langkah. Tibalah saatnya woodwart memanfaatkan jaringan yang ia miliki. Tentu untuk mengorek banyak informasi, ia menghubugi kenalannya di Gedung Putih. Pertemuan rahasia dengan orang dalam pemerintahan ia agendakan. Orang ini akan jadi informasi dalam kasus yang woodwart dan Bernstein telusuri.

Tibalah saat pertemuan rahasia, orang misterius itu dinamai Deep Throat, woodwart menginginkan Deep Throat mengungkap semua yang diketahuinya tentang skandal Watergate. Namun Deep Thoart tidak secara gampang membeberkan semua hal, hanya kata kuncinya saja. Woodwart nampak bingung, mesti darimana ia memulai. Akhirnya, Deep Thoar ingin agar Woodwart dan Bernstein menelusuri uang berjumlah $25.000 yang ada di rekening salah satu tersangka pencurian. Kenapa harus uang itu? Karena dana tersebut mengalir dari komite pemenangan kembali Presiden Richard Nixon ke rekening pelaku pencurian Watergate.

Dalam adegan akhir, dalam gelar perkara pengadilan, nama-nama yang diungkap Woodward dan Bernstein dalam skandal kasus Watergate dinyatakan bersalah. Dalam salah satu bukti, Richard Nixon terlibat. Ia nyatanya menyetujui kegiatan spionase dalam kasus Watergate. Pemerintahan Nixon ambruk, kekuatannyamelemah. Pada 9 Agustus 1974, Richard Nixon menyatakan menundurkan diri sebagai Presiden negara yang bergelar Adidaya.