Selasa, 02 Juni 2015

NAMA  :  Kurniady Yusuf
NIM      :  1402055157


“Analisis Kasus Delapan Bocah Tewas Di Lubang Bekas Tambang”


Kasus ini menunjukkan bahwa lalainya pemerintah terhadap keselamatan masyarakat. Lokasi bekas tambang ini di biarkan begitu saja hingga memakan korban hingga delapan orang, memang lokasi bekas tambang ini sangat dekat dengan pemukiman warga sehingga warga dengan mudahnya mengakses tempat ini tanpa memperdulikan keselamatan. Akan tetapi menurut saya pemerintah sebaiknya membuat tindakan untuk segera menutup tempat ini dan menutup lubang maut ini agar tidak memakan korban akan tetapi hingga saat ini peran pemerintah belum ada menunjukkan aksinya untuk menutup lokasi bekas tambang ini.
     Menurut analisa hukum kasus ini banyak menyimpang dari dasar dasar hukum, kata warga sedari awal proyek tambang ini sudah di tolak untuk dibangun karena sebelumnya tempat ini adalah kebun masyarakat sekitar akan tetapi pemerintah tidak menggubris penolakan dari warga dan tetap mengijinkan proyek tambang ini untuk dibangun dan dijalankan. Yang jadi pertanyaannya adalah mengapa pemerintah tetap mengijinkan proyek tambang ini? 99% menurut saya ada permainan uang untuk melancarkan proyek ini dari sini udah jelas sangat menyimpang dari hukum, pemerintah tidak pernah memikirkan dan mendengar apa yang diinginkan masyarakat apa yang dipikiran mereka ada kepentingan mereka sendiri. Setelah kejadian kasus ini pun pemerintah tetap belum ada tindakan terhadap lubang maut proyek bekas tambang ini, baik dari pihak pengelola proyek tambang ataupun dari pemerintah masing masing tidak mau disalahkan dalam kasus lubang maut ini.
Baik pemerintah dan pengelola proyek ini sebaiknya memiliki peran untuk menangani kasus ini, menurut saya mereka harus bertanggung jawab atas semua kejadian dari “permainan” proyek mereka. Peran polisi juga di harapkan bisa berpatisipasi dalam menangani kasus ini untuk segera cepat selesai dan lokasi bekas tambang ini segera di tindak seperti menutup lubang maut ini yang telah memakan delapan korban. Dan sebagai penutup analisa saya semoga pemerintah bisa lebih mementingkan dan mendengar kehendak masyarakatnya, agar kasus seperti ini tidak bakal terjadi lagi di kemudian hari.