Kamis, 04 Juni 2015

Nama  : Nanda Melyawati Aisyiya
NIM     : 1402055076


Rincian Tugas Bagian Redaksi

1. Pemimpin Umum: Bertanggung jawab atas keseluruhan jalannya penwrbitan pers, baik ke dalam maupun keluar. Ia dapat melimpahkan pertanggungjawabannya terhadap hukum kepada pemimpin Redaksi sepanjang menyangkut pengusahaan penerbitan. Selain itu, pemimpin umum juga membawahi Pemimpin Redaksi dan Pemimpin Perusahaan.
2. Pemimpin Redaksi: Pemimpin Redaksi bertanggung jawab terhadap mekanisme dan aktivitas kerja keredaksian sehari-hari. Ia harus mengawasi isi seluruh rubrik media masa yang dipimpinnya. Pemimpin Redaksi juga bertanggung jawab atas penulisan isi Tajikrencana (editorial) yang merupakan opini redaksi.
3. Wakil Pemred: Di bawah Pemred biasanya ada wakil Pemred yang bertugas sebagai pelaksana tugas dan tanggung jawab sehari-hari di bagian redaksi.
4. Redaktur Pelaksana: Tanggung jawabnya hampir sama dengan Pemred/Wapemred, namun lebih bersifat teknis. Dia lah uang memimpin langsung aktivitas keliputan dan pembuatan berita oleh para reporter dan editor.
5.Redaktur Rubrik: Tugas utamanya adalah melakukan editing atau penyuntingan, yakni aktivitas penyeleksian dan naskah yang akan dimuat atau disiarkan. Seorang redaktur biasanya menangani satu rubrik. Beberapa di antaranya:
1. Redaktur Rubrik Hukum: Bertugas menguasai berita hukum kriminal
2. Redaktur Rubrik Kota: Bertugas mengurusi berita mengenai keadaan kota
3.Redaktur Rubrik Olahraga: Bertugas mengurusi berita olahraga
4.Redaktur Bisnis/Ekonomi: Bertugas untuk menyunting di halamannya termasuk juga tugas untuk mengubah sebuab data statistik "mentah" menjadi sebuah data yang mudah dipahami dan nyaman untuk dibaca. Selain itu, memastikan krepaduan dari data statistik itu sendiri.
5. Redaktur Rubrik Politik: Bertugas mengurufi berita politik.
6. Wartawan: Bertugas mencari, mengumpulkan dan mengolah informasi menjadi berita umtuk disiarkan melalui media masa.
7. Fotografer: Tugasnya mengambil gambar peristiwa atau objek tertentu yang bernilai berita atau untuk melengkapi tulisan berita yang dibuat wartawan tulis.

Rincian Tugas Bagian Usaha

1. Pemimpin Perusahaan: Pemimpin perusahaan adalah orang yang mendapat kepercayaan dari pemimpin umum untuk membantu dalam pengelolaan bidang usaha. Dia mendapat kepercayaan penuh mengendalikan usaha untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya guna kesejahyeraan semua karyawan. Pemimpin perusahaan mempunyai beberapa manajer dalam bidang-bidang yang dibutuhkan dan memiliki wewenang untuk mengarahkan para manajer untuk memcapai hasil yang maksimal. Segala gerak yang dilakuka  oleh pempin perusahaan harus memperhitungkan bisbis, dengan upaya menekan biaya serendah-rendahnya dan menghasilkan sebanyak-banyaknya.
2. Manajer SDM:
-untuk dapat mengenali keberadaan manajemen SDM dalam memberikan kontribusi pada pencapaian efektivitas organisasi.
-untuk mempertahankan kontribusi departemen pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.
-ditujukan untuk secara etis&sosial merespon terhadap kebutuhan-kebutuhan dan tantangan-tantangan masyarakat melalui tindakan meminimasi dampak negatif terhadap organisasi.
-untuk membabtu karyawan dalam pencapaiab tujuannya, minimal tujuan-tujuan yang dapat mempertinggi kontribusi individual organisasi.
3. Manajer Periklanan: Dalam melaksanakan tugasnya, manajer periklanan mempunyai staf yang menangani administrasi dan mencari iklan  (sales). Manajer iklan bertanggung jawab kepada pemimpin perusahaan dalam hal menentukan harga iklan karena hal ini menyangkut prestise perusahaan.
4. Manajer Keuangan: Bertugas untuk mengendalikan keuangan perusahaan yang meliputi menghitung pemasukan dan pengeluaran uang, menyimpan dan membayat uang, memungut dan membayar pajak, membayar kebutuhan operasional perusahaan, serta mengumpulkan kekayaan perusahaan.


5. Manajer Produksi:
1. Desain produk&jasa: bertanggung jawab terhadap masalah barang atau jasa apakah yang seharusnya ditawarkan&bagaimana mendesain produk/jasa tersebut.
2. Manajemen Mutu: Bertanggung jawab terhadap kualitas&bagaimana mendefinisikan kualitas.
3. Manajemwn Rantai Pasokan: bertanggung jawab terhadap keputusan membuat/membeli, siapakah pemasoknua dan seterusnya.
6. Manajer Sirkulasi: Bagian sirkulasi merupakan satu dari tiga komponen penjualan yang khusus menjual produk penwrbitan (koran atau majalah). Komponen lain adalah bagian iklan dan pelayanan pelanggan. Pejabat yang memimpin bagiab sirkulasi disebut kepala bagian sirkulasi yang bertanggung jawab penuh untuk laku tidaknya produk penerbitan di pasaran.