Rabu, 03 Juni 2015

Nama               :           Lia Badriya
NIM                :           1402055131




Rumah Makan Murah Sederhana


            Sebelum terbitnya matahari, tepat dijalan Pramuka VI P&K. Block E Samarinda, setipa harinya Siti Munawwaroh (48) dan adiknya Nur Winarsih (35) menyiapkan bahan0bahan masakan untuk dimasak, sedangkan Admojo (52) suami dari Siti beserta M. Dedi (40) suami dari Winarsih dan Ahmad Ryan (25) datang dari jawa Tengah ikut membantu membersihkan Rumah Makan Baroqah tempat mereka berjualan. Usaha keluarga ini begitu kompak dan merekan semua pendatang dari Jawa Tengah dan Solo.
            Admojo bersama istrinya Siti dan Dedi Bersama Istrinya Winarsih terkadang merasakan kesedihan karena harus meninggalkan anak-anak mereka di Solo Untuk bersekolah dan mereka akan pulang ke Solo jika bulan Ramadhan.
Mahasiswa      :           Permisi Bu, maaf ganggu waktunya sebentar ?
Pedagang        :           Iya ?
Mahasiswa      :           Perkenalkan bu nama saya Lia Badria dari Kampus Unmul Fisip Prodi Ilmu
Komunikasi, begini bu saya diberi tugas untuk mewancarai salah satu
pedagang yang ada disekitar kampus, ya salah satunya ibu, apakah ibu
mengijinkan saya untuk mewancarai ibu sebentar ?
Pedagang        :           Boelh...
Mahasiswa      :           Baik bu, apakah ibu sudah lama berjualan makanan disini ?
Pedagang        :           Iya.
Mahasiswa      :           Kalu boleh tahu itu tahun berapa bu ?
Pedagang        :           Tahun 2007.
Mahasiswa      :           Berapa modal awal yang ibu keluarkan untuk berjualan disini ?
Pedagang        :           Aduuhhh mbak.... saya sudah lupa.
Mahasiswa      :           oh iya.. menu apa saja yang ada disini ?
Pedagang        :           Ada nasi campur, nasi goreng, mie goreng, pecel, dan minuman es teh, es
jeruk dan lain-lain.
Mahasiswa      :           Berapa harga makanan disini satu porsinya bu ?
Pedagang        :           Semua makanan disini satu porsinya seharga Rp. 7.000,-.
Mahasiswa      :           Dalam sehari berjualan dari jam berapa sampai jam berapa bu ?
Pedagang        :           Buka 08.00 pagi sampai 12.00 malam.
Mahasiswa      :           Berapa penghasilan rata-rata ibu setiap harinya ?
Pedagang        :           Kadang kalau rame bisa dapat Rp. 850.00,- atau lebih, kalau lagi sepi bisa
dapat Rp. 480.000,- atau Rp. 500.000,- tidak tentulah mbak.
Mahasiswa      :           Siapa yang membantu ibu berjualan disini ?
Pedagang        :           Suami saya beserta kakak saya dan juga suaminya dan juga saudara saya dari
Solo.
Mahasiswa      :           Usaha ibu ini, ibu jalankan sendiri atau memang ini usaha keluarga ibu
Winarsih bersama kakak ibu ?
Pedagang        :           Usaha ini usaha keluarga.
Mahasiswa      :           Oh.. gitu ya bu, saya kira sudah cukup banyak saya mengetahui tentang usaha
ibu ini. Saya mengucapkan terima kasih atas waktunya yang ibu luangkan.
Semoga usaha yang ibu jalan kan bisa maju.
Pedagang        :           Amin...... Sama-sama.